|

Kaprodi MD Kutuk Berita Hoax

  • Kategori Berita : | Diposting Oleh: Website Builder
    Hari Rabu | 01 Mei 2019 | 14:58:20 WIB | Dibaca: 39 Pembaca
Kaprodi MD Kutuk Berita Hoax

Keterangan :

Wonorejo-Maraknya Berita Hoax pasca Pemilihan Umum ini mendapatkan tanggapan dari Kepala Program Studi Manajemen Dakwah (MD) Institut Agama Islam (IAI) Syarifuddin, Zainul Gulam.  Pria yang akrab dipanggil Gus Gulam ini, Mengutuk Brita Hoax tersebut. Karena berita Bohong ini bertentangan dengan ajaran agama Islam.

 

"Berita hoax pada tingkat mengkawatirkan. Terutama berita hoax ini menyebar memlalui beberapa platform media sosial," ungkapnya, saat ditemui di kampus IAI Syarifuddin, Senin (29/04/19).

 

Lebih lanjut, etua Pengrus Cabang NU Kencong ini, masyarakat seharusnya lebih jeli dalam mengonsumsi Media. Masyarakat harus melakukan cek ulang terhadap informasi yang datang. Jangan justru menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya. 

 

"Sebaiknya jangan langsung percaya, tapi hendaknya melakukan perbandingan dengan beberapa berita terkait di media lain," tegasnya.

 

“Agama Islam sangat melarang memproduksi maupun menyebarkan berita Hoax. Karena dalam Al-Quran, Surat Al Hujurat ayat 6,  Manusia diperintahkan melakukan klarifikasi setiap informasi yang datang. Sehingga Informasi ini dapat dipastikan kebenarannya”, tuturnya.

 

" Islam telah memberikan alasan teologis dalam memerangi berita Hoax tersebut," lanjutnya.

 

Apalagi Perguruan tinggi Islam, ia dengan Tridharma Perguruan Tinggi, memiliki kewajiban dalam menekan berita hoax tersebut. Semua civitas akademik kampus harus ikut dalam memberikan pencerahan berita bohong ini. Mulai melalukan melek media, hingga membagun nalar kritis bagi masyarakat. 

 

"Mahasiswa harus memahamkan masyarakat bahwa dunia maya atau internet itu ibarat hutan belantara. Masyarakat  harus melek media," tutupnya.

 

[Yongki]

Berita Terkait